gsf indonesia
Go Fast!

Ipad, Mainan Baru Tukang Insinyur

(“SAYA, INTERNET & GAYA HIDUP”)

Jari jemari menari-nari di atas layar ukuran sembilan inci. Gambar peta dan jalanan yang tampak turut bergoyang dinamis dan berputar sempurna mengikuti gerakan jari. Kadang dimiringkan kekanan, kekiri, vertikal dan horisontal.

Apple Ipad, nama komputer layar sentuh yang berbalut selubung kulit berwarna putih gading tersebut. Ipad merupakan komputer dengan teknologi prosesor berkecepatan 1GHz Apple A4. Turut dibenamkan Accelerometer, teknologi yang dapat memutar gambar 180 derajat.



PC Tablet, nama lain produk Amerika yang berjalan di atas operasi sistem Mac X versi 10.5.8, serta dilengkapi pemutar lagu/film iTunes. Anwar Mahmud, pemilik Apple Ipad buatan Macintosh tersebut. Anwar terlihat bangga mempertontonkan komputer layar sentuh di Warung Kopi Daeng Anas, Jalan Pelita Raya beberapa waktu lalu.

Saya yang duduk tak jauh dari Anwar, dibuat penasaran dan irih menyaksikan lelaki berusia 55 tahun itu berselancar di dunia maya melalui Ipad. Rasa penasaran mendorong saya mendekati Anwar dan berkenalan untuk sekedar melihat Ipad miliknya.

Ini barang asli dan waktu itu harganya masih sangat mahal. Ipad menjadi alat kerja yang seru dan tidak merepotkan. Dunia hanya dihanya di jari telunjuk,” kata konsultan bidang teknik konstruksi dengan bangganya.

Anwar berkisah, sebelum Ipad masuk di Makassar, lelaki ini terpaksa berburu dipasaran black market. Ipad didapatkan dengan harga selangit sekitar Rp11 juta untuk kapasitas 64 gigabit. Banyak rekanan kerjanya membeli melalui bantuannya. Kini sudah 25 unit yang dijual kesesama rekanan kerja.

Tergiur dengan aplikasi teknik dan kemudahan mengoperasikan, katanya, yang menggoda pengusaha, kontraktor dan PNS bidang teknik ini untuk memiliki komputer super tipis ini. Banyak permintaan Ipad, mendorongnya membentuk Komunitas Ipad Makassar. Kontraktor jalan raya dan bangunan ini didaulat menjadi ketua.

Meski baru terbentuk enam bulan, frekwensi tatap muka sering dilakukan. Diskusi dilakukan pada persoalan pengguna operasi sistem Macintosh, cara menjalankan aplikasi, penginstalan, dan pembuatan akun surat elektronik.

Tak heran mainan unik yang dapat memutar permainan dan film berkualitas tinggi ini, dijejali aplikasi, seperti Corel, Auto CAD, Photoshop, Google Map, Office, dan buku elektronik (E-Book). Dia mengaku banyak pekerjaan proyek kontstruksi dan jalan diselesaikan dengan mudah.

Memantau fisik pekerjaan melalui Google Map yang paling sering dilakukan pemilik notebook Apple Mac Pro tersebut. Dia mengaku komunitas yang dibentuknya belum memiliki daftar kepengurusan. Jadwal pertemuan tak menentu dan hanya berdasarkan perjanjian melalui telepon selular.

Fungsi fashion bukan yang paling utama. Semua pekerjaan presentasi, mengajar, dan pembuatan rencana kerja dapat dibuat dimana saja,” ungkap pecinta handset Apple Iphone.

Khairil Ambar, staf bidang tata bangunan dan lingkungan Kantor Pekerjaan Umum Provinsi, tak mau kalah. Ipad yang ditebus seharga Rp8,8 juta, disuntikkan buku bacaan elektronik atau sering disebut E-Book. Buku-buku dunia maya yang sering diinstalkan bertema teknik dan pengembangan diri.

Kalau lagi berkumpul dengan sesama pengguna, dia selalu membagi-bagikan buku elektronik untuk dibenamkan. Fasilitas Wide Fidelity (WiFi) dan internet berkecepatan tinggi yang tersedia memudahkannya berselancar di dunia maya.

Tak heran lelaki berusia 44 tahun ini, membenamkan aplikasi yang membantu melacak daerah proyek pemerintah yang dikerjakan rekanan kerja. Semenjak memiliki Ipad, Khairil mengaku 70-80 persen pekerjaan teknik diselesaikan dengan cepat.

Kondisi Ipad yang selalu dalam keadaan aktif, membuatnya selalu terhubung dengan sesama komunitas, keluarga dan rekanan kerja. Saling menukar aplikasi dan informasi tender proyek yang sering dilakukan kalau lagi berkumpul dengan sesama komunitas.

Interface aplikasi lebih mudah dibandingkan jenis notebook. Semua data-data pekerjaan dan pemantauan dapat dilakukan dimana saja,” ucapnya.

Berbeda dengan Khairil, Muchtar Kadir mengaku semenjak bergabung di komunitas mendapatkan banyak aplikasi. Aplikasi GPS, sistem surat elektronik E-mail dan jejaring sosial yang didapatkan dari frekwensi pertemuan. Aplikasi telah membuat Muchtar dengan mudah mengirim dan menerima semua surat dan proposal.

Urusan dinas luar kota, kata konsultan teknik ini, selalu mengaktifkan GPS (Global Positioning System). Teknologi pencari lokasi ini, sangat membantu lelaki menentukan jalur alternatif menghindari kemacetan.

Aplikasi bawaan pabrikan Macintosh, juga dapat menentukan lokasi proyek yang potensial. Untuk berkomunikasi, tetap mengandalkan teknologi GSM yang telah didukung teknologi 3G.

Produk ini sangat memudahkan karena sudah komplit teknologi. Mau apa saja bisa dengan mudah dilakukan. Apalagi dengan adanya teknologi selular dan wifi didalamnya,” jelasnya.

Android dengan Aplikasi Gratis

Apple Ipad, bukan satu-satunya PC Tablet yang lagi populer. Sejumlah produsen lain berlomba menghadirkan teknologi serupa untuk menandingi teknologi Macintosh. Deretan PC Tablet sangat mudah ditemukan di etalase kaca pusat perdagangan komputer dan IT.

Makassar Trade Center Karebosi, Karebosi Link, dan Computer City, merupakan tempat berbelanja PC Tablet. Selain Ipad, konsumen bisa menyaksikan produk lain, seperti Samsung Galaxy Tab, Dell Streak, Blueberry, dan Axioo. Dari sisi layar, Ipad menggunakan ukuran 9 inci, sementara Galaxy Tab mengadopsi layar 7 inci.

Produk anyar Dell Streak menggunakan layar 5 inci. Sementara produsen dalam negeri Blueberry dan Axioo mengikuti ukuran layar Galaxy Tab.

Pengguna operasi sistem pada Apple Ipad mengandalkan buatan sendiri Mac X versi 10.5.8 dengan aplikasi berbayar. Sementara saingannya, menggunakan operasi sistem open source Linux Android berbagai versi yang dapat dimodifikasi. Aplikasi yang disediakan bisa diperoleh dengan cuma-cuma dan tidak perlu mengeluarkan biaya.

Aplikasi pada Android diberikan secara cuma-cuma dan dapat diunduh kapan saja. Kemampuannya tidak kalah dengan Apple Ipad,” kata penggiat open source Asrar.

Menyelesaikan Tugas-tugas Sekolah

Tidak hanya indah dipandang. Seabrek teknologi dan aplikasi yang ada di Apple Ipad sangat membantu pekerjaan. Tidak hanya pekerjaan kantoran, tapi juga mempermudah menyelesaikan pekerjaan rumah anak sekolahan. Kemudahan itu didapatkan dari bantuan aplikasi Wikipedia yang disediakan Apple secara cuma-cuma.

Kalau lagi di rumah, Ipad sangat membantu menyelesaikan pekerjaan rumah anak. Wikipedia menyediakan aneka soal dan jawaban yang dibutuhkan untuk menunjang pendidikan,” kata Ida John.

Semenjak memiliki Ipad, perempuan beranak dua ini, ketagihan membantu menyelesaikan pekerjaan rumah kedua anaknya. Komputer layar sentuh yang dibelinya beberapa bulan lalu, tidak membuatnya repot karena menyediakan Wikipedia dalam bahasa Indonesia.

Ipad yang dimilikinya juga menjadi buku bacaan elektronik mengasikkan. Banyak komik, novel, dan majalah yang telah diunduhnya. Tak ketinggalan selalu membuka halaman jejaring sosial, facebook untuk sekedar membaca dan berbincang-bincang dengan teman-temannya.

Dulu bawa buku tulis, sekarang cukup membawa Ipad. Membaca sampai menulis, bisa dilakukan dengan mudah. Begitu selesai langsung dapat dikirim dengan bantuan teknologi WiFi,” tuturnya. (http://www.bhinneka.com)



About these ads

Belum Ada Tanggapan to “Ipad, Mainan Baru Tukang Insinyur”

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 282 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: