Disperindag sidak elektronik tanpa SNI

MAKASSAR :

Dinas Perindustrian dan Perdagang (Disperindag) Makassar melakukan inspeksi mendadak (sidak) penjualan barang-barang elektronik di mal dan pusat perdagangan. Sidak dilaksanakan untuk mencari barang elektronik yang tidak dilengkapi standar nasional Indonesia (SNI).

Sidak Disperindag dilakukan kepada 17 item elektronik, diantaranya radio, alat perekam, TV, printer, monitor komputer, lemari es, AC, mesin cuci, kompor gas dan ponsel.

sidak disperindag

sidak disperindag

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Daddy Hermadi mengungkapkan hal itu kepada Bisnis, saat melakukan sidak di pusat perdagangan elektronik Alaska Jl Pengayoman. Sidak juga dilaksanakan di Mal Mtos dan Elektronik Solution di Mal Panakkukang.

Daddy menjelaskan sidak dilaksanakan untuk mencari barang elektronik yang tidak dilengkapi SNI, seperti kartu garansi dan buku panduan berbahasa Indonesia serta melakukan sosialisasi SK Menteri Perindag No 547/MPP/Kep/7/2002 tentang SNI.

Dalam sidak tersebut Disperindag tidak lakukan penyitaan, namun masih sebatas teguran. Dia mengaku sidak rutin akan dilakukan semua mal dan pusat perdagangan elektronik di Makassar. Kegiatan berkala tersebut, kata dia juga bertujuan untuk melaksanakan UU N0 8 tahun 1999 soal perlindungan konsumen.

“Sidak selalu dilakukan sebatas sosialisasi aturan pemerintah dan tidak dilakukan penyitaan. Disperindag menerima laporan dari konsumen yang merasa dirugikan setelah membeli barang elektronik,” kata dia.

Namun dia mengingat pada sidak selanjutnya akan dilakukan penyitaan ditempat terhadap barang elektronik yang tidak ber-SNI. Sementara pengusaha akan diancam hukuman dua tahun penjara atau denda sebesar Rp5 miliar.(sulfaedar)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s